Wednesday, May 16, 2007

Teror Islam di NTB & BALI abad 12 (Bag 3)

Masuknya Islam ke Nusa Tenggara Barat dan Bali
http://id.wikipedia.org/wiki/Nusa_Tenggara_Barat

cuplikan :

Di antara kerajaan dan desa itu yang paling terkemuka dan paling terkenal adalah Kerajaan Lombok yang berpusat di Labuhan Lombok. Disebutkan kota Lombok terletak di teluk Lombok yang sangat indah dan mempunyai sumber air tawar yang banyak. Keadaan ini menjadikannya banyak dikunjungi oleh pedagang-pedagang dari Palembang, Banten, gersik, dan Sulawesi.

Belakangan, ketika Kerajaan ini dipimpin oleh Prabu Rangkesari, Pangeran Prapen, putera Sunan Ratu Giri, datang mengislamkan kerajaan Lombok. Dalam Babad Lombok disebutkan, pengislaman ini merupakan upaya dari Raden Paku atau Sunan Ratu Giri dari Gersik, Surabaya yang memerintahkan raja-raja Jawa Timur dan Palembang untuk menyebarkan Islam ke berbagai wilayah di Nusantara.

"Susuhnii Ratu Giri memerintahkan keyakinan baru disebarkan ke seluruh pelosok. Dilembu Manku Rat dikirim bersama bala tentara ke Banjarmasin, Datu bandan di kirim ke Makasar, Tidore, Seram dan Galeier, dan Putra Susuhunan, Pangeran Prapen ke Bali, Lombok, dan Sumbawa. Prapen pertama kali berlayar ke Lombok, dimana dengan kekuatan senjata ia memaksa orang untuk memeluk agama Islam.

Setelah menyelesaikan tugasnya, Prapen berlayar ke Sumbawa dan Bima. Namun selama ketiadaannya, karena kaum perempuan tetap menganut keyakinan Pagan, masyarakat Lombok kembali kepada faham pagan.

Setelah kemenangannya di Sumbawa dan Bima, Prapen kembali, dan dengan dibantu oleh Raden Sumuliya dan Raden Salut, ia mengatur gerakan dakwah baru yang kali ini mencapai kesuksesan. Sebagian masyarakat berlari ke gunung-gunung, sebagian lainnya ditaklukkan lalu masuk Islam dan sebagian lainnya hanya ditaklukkan. Prapen meninggalkan Raden Sumuliya dan Raden Salut untuk memelihara agama Islam, dan ia sendiri bergerak ke Bali, dimana ia memulai negosiasi (tanpa hasil) dengan Dewa Agung Klungkung."

Proses pengislaman oleh Sunan Prapen menuai hasil yang menggembirkan, hingga beberapa tahun kemudian seluruh pulau Lombok memeluk agama Islam, kecuali beberapa tempat yang masih mempertahankan adat istiadat lama.

...

Kemajuan Kerajaan Selaparang ini membuat kerajaan Gelgel di Bali merasa tidak senang. Gelgel yang merasa sebagai pewaris Majapahit, melakukan serangan ke Kerajaan Selaparang pada tahun 1520, akan tetapi menemui kegagalan.

Mengambil pelajaran dari serangan yang gagal pada 1520, Gelgel dengan cerdik memaanfaatkan situasai untuk melakukan infiltrasi dengan mengirimkan rakyatnya membuka pemukiman dan persawahan di bagian selatan sisi barat Lombok yang subur. Bahkan disebutkan, Gelgel menempuh strategi baru dengan mengirim Dangkiang Nirartha untuk memasukkan faham baru berupa singkretisme Hindu-Islam. Walau tidak lama di Lombok, tetapi ajaran-ajarannya telah dapat mempengaruhi beberapa pemimpin agama Islam yang belum lama memeluk agama Islam.

... silahkan baca cerita lengkapnya dlm link diatas ...

2 comments:

Adm2i2h said...

Pak Profile Anda nggak lengkap tuh, nama, lamat, tanggal lahir, terus sekarang agama anda apa.
Kerja dimana, punya anak berapa?
Saya sebagai seorang yang dilahirkan jadi orang pingin bener berbuat amal untuk Islam lha kok Anda ini malah menyibukkan diri membuka sejarah ISlam, memang ada yang mau baca apa. heheheh, Maaf pak saya berniat menutup blog Anda. Jadi buruan banyakin postingya sebelum blog Anda saya report Abuse.
Kalem pak saya gak marah kok cuma berjanji buat diri saya sendiri untuk menutup blog ini. hehheh semoga berhasil ya pak.
Saya penasaran bange lho dengan profile Anda nampaknya Anda cukup terpelajar, tapi sayang MURTAD.
Kasian bener nasibmu NAK.
Salam.
adm2i2h
Part of Indonesian ISlamic Hate Hunter
http://adm2i2h.multiply.com

Anti Islam said...

Didunia maya ini, semua serba bebas dalam kerangka berfikir, tidak ada tekanan dr pihak2 tertentu, tidak ada paksaan dr pihak manapun, MURTAD dr islam adl sesuatu yg utama n berani, krn berani menanggalkan irasionalitas, berani menyingkirkan rasa takut pd ideologi, berani berfikir kritis, berani tidak berharap pd ideologi, tetap semangat 45. om admin.. .bersama kita singkirkan noda yg tlah lama menutup kejayaan tanah nusantara ini.. .kita tangkal segala bentuk arabisasi, krn bangsa kita lebih beradab & maju ketimbang bangsa arab, tanah air kita lebih berharga drpd bumi arabia. ..semoga semua mengerti bhw hany damai yg kn lindungi bumi.